RSS

BIMBINGAN ROHANI

08 Jun

Ibu melahirkan kita dengan menangis kesakitan, masihkah kita menyakitinya? Masih

mampukan kita tertawa melihat penderitaannya, mencaci makinya, melawannya,

mengacuhkannya…Ibu memberikan ASI waktu kita bayi, mencuci celana kotor kita,

menahan derita, menggendong kita seharian…Sadarilah bahwa di dunia ini tak ada

satu orangpun yang mau mati demi kita selain IBU, katakanlah pada IBUmu,,,I

LOVE U MOM.

SAHABAT…BERSYUKURLAH  kepada ALLAH, walau bagaimanapun adanya dirimu, karena sungguh tiada  ada satupun yg terjadi, melainkan semua itu adalah atas kehendak-NYA.  “Sesungguhnya jika kamu BERSYUKUR, pasti Kami akan menambah (nikmat)  kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya  azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim 14 : 7)

Dahulu  ada seorang lelaki yang datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam dan mengatakan, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya  sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari  neraka.” Maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan  tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan.” (HR. Thabrani,  Shahih).

“Harta  tidak akan berkurang gara-gara sedekah. Tidaklah seorang hamba  memberikan maaf -terhadap kesalahan orang lain- melainkan Allah pasti  akan menambahkan kemuliaan pada dirinya. Dan tidaklah seorang pun yang  bersikap rendah hati …(tawadhu’) karena Allah (ikhlas) melainkan pasti  akan diangkat derajatnya oleh Allah.” (HR. Muslim, lihat Syarh Muslim  [8/194].

Rasulullah  dengan suara lemah memberikan kutbah terakhirnya, “Wahai umatku, kita  semua ada dalam kekuasaan Allah dan cinta kasih-Nya. Maka taati dan  bertakwalah kepada-Nya. Kuwariskan dua perkara pada kalian, al-Qur’an  dan sunnahku. Barang siapa mencintai sunnahku, berarti mencintai aku dan  kelak orang-orang yang mencintaiku, akan masuk syurga bersama-sama  aku.”

Ibn  Qayyim al-Jauziyah,prnah berkata:”Krn Cinta dan demi Cinta.. langit dan  bumi diciptakn.. dan atas dasarnya makhluk diwujudkn.. Demi cinta  seluruh planet beredar..dan dgnnya pula smua gerak mencapai tujuannya  serta bersambung awal dan akhirnya. Dgn Cinta Semua Jiwa Meraih  Harapannya” ………Cintailah setiap Perjuangan dan Kerja Kerasmu krn Dgn Itu Semua Jiwa Meraih Harapannya.

Nabi  Shalallaahu alaihi wasalam menjelaskan bahwa Allah akan memberikan rizki  dan pertolongan kepada hamba-Nya dengan sebab ihsan (berbuat baik)  kepada orang-orang lemah, beliau bersabda, artinya, “Tidaklah kalian  semua diberi pertolongan dan diberikan rizki melainkan karena  orang-orang lemah diantara kalian.” (HR. alBukhari)

‎”Sedikitpun  janganlah engkau menganggap remeh perbuatan baik, walau hanya ketika  berjumpa dengan saudaramu engkau menampakkan wajah ceria”.[HR Muslim]  Let’s smile…………:)

Wasiat  Imam Syahid Hasan AlBanna….”Pekerjaan rumah kita sebenarnya lebih  bertumpuk dari pada waktu yang tersedia, maka manfaatkanlah waktu dan  apabila kalian mempunyai sesuatu keperluan maka sederhanakanlah dan  percepatlah untuk diselesaikan”.

Dari  Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu  ‘alaihi wa sallam bersabda. “Sesungguhnya manusia yang paling jelek cara  malingnya adalah orang yang mencuri dari shalat-nya”. Mereka bertanya :  “Wahai Rasulullah, bagaimana ia bisa mencuri dari shalatnya ?” Beliau  menjawab : “Bisa, yaitu ketika ia tidak menyempurnakan ruku’ dan  sujudnya”.

Setiap  ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan shodaqohnya setiap hari  ketika matahari terbit. Mendamaikan antara 2 org yg berselisih adlh  shodaqoh, menolong org dgn membantunya menaiki kendaraan atau  mengangkatkan barang ke atas kendaraannya adlh shodaqoh, kata2 yg baik  adlh shodaqoh, tiap2 langkahmu utk mengerjakan sholat adlh shodaqoh, & membersihkan rintangan dr jalan adlh shodaqoh. (HR Bukhari dan Muslim)

“JUJUR  BUKAN SOAL BISA TAPI MAU ATAU TIDAK.”Allah menggambarkan bahwa tidak  ada yang bermanfaat bagi seorang  hamba dan yang mampu menyelamatkan  dari adzab, kecuali kejujurannya.” (ibnul qoyyim)

Aku  mengamati semua sahabat, dan tdk menemukan sahabat yg lebih baik dari  pada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tdk  menemukan pakaian yg lebih baik dari pada takwa. Aku merenungkan tentang  segala jenis amal baik, namun tdk mendapatkan yg lebih baik dari pada  memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tdk menemukan rezki yg lebih baik dari pada sabar.

Khalifah ‘Umar

Setiap  orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman.  Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu  haruslah dikembalikan.

Ibnu Mas’ud

Ketahuilah  bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat  kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh  itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh  permasalahan akan rusak.

Khalifah ‘Ali

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.

Khalifah ‘Umar

Niat adalah  ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika  niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka  perbuatan itu buruk.

Imam An Nawawi

Musibah manusia di dunia:

• Sakit pada waktu mengembara

• Miskin di hari tua

• Maut pada waktu masih muda

• Buta setelah melihat

Tiga macam yang tidak diketahui kecuali pada tiga macam:

1. Orang yang sabar tidak diketahui kecuali ketika marah.

2. Orang yang berani tidak diketahui kecuali ketika perang

3. Saudara tidak diketahui kecuali ketika berhajat (ada kepentingan)

-Luqman Al-Hakim

Orang  yang terlalu memikirkan akibat dari sesuatu keputusan atau tindakan,  sampai kapanpun dia tidak akan menjadi orang yang berani -Khalifah Ali  bin Abi Talib

Hatim Azzahid berkata : 4 perkara yang tidak diketahui kadarnya melainkan oleh 4 perkara

1) Muda tidak diketahui kadarnya melainkan oleh orang tua

2) Kesejahteraan (kedamaian) tidak diketahui kadarnya melainkan oleh orang yang terkena bala

3) Kesehatan tidak diketahui kadarnya melainkan oleh orang yang sakit

4) Hidup tidak diketahui kadarnya melainkan oleh orang yang telah mati.

Ada tiga hal yang meningkatkan kemuliaan seseorang:

• memaafkan orang lain dan menghilangkan bekas-bekas kesalahannya;

• memberi sesuatu kepada orang lain yang tidak memberi sesuatu kepadanya;

• menghubungkan silaturahmi dengan orang yang memutuskannya.

Hiduplah  sesuka hatimu, sesungguhnya kamu pasti mati. Cintai siapa saja yang  kamu senangi, sesungguhnya kamu pasti akan berpisah dengannya. Lakukan  apa saja yang kamu kehendaki, sesungguhnya kamu akan memperoleh  balasannya. Dan ingatlah bahwa bersama kesulitan itu sentiasa akan  timbul kesenangan – Ibnu Abbas

Tidak ada kebaikan bagi pembicaraan kecuali dengan amalan.

Tidak ada kebaikan bagi harta kecuali dengan kedermawanan.

Tidak ada kebaikan bagi sahabat kecuali dengan kesetiaan.

Tidak ada kebaikan bagi sedekah kecuali niat yang ikhlas.

Tidak ada kebaikan bagi kehidupan kecuali kesehatan dan keamanan.

Buku  adalah: Teman bicara yang tidak mendahuluimu. Teman bicara yang tidak  memanggilmu ketika kamu bekerja. Teman bicara yang tidak memaksamu  berdandan ketika menghadapinya. Teman hidup yang tidak menyanjungmu.  Kawan yang tidak membosankan. Penasihat yang tidak mencari-cari  kesalahan.

-Ahmad bin Ismail-

Barangsiapa yang jernih hatinya, akan diperbaiki Allah pula pada yang nyata di wajahnya. -Saidina Umar bin Al-Khatab

Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan, cinta, dan rasa hormat. – Saidina Ali bin Abi Thalib

Ilmu  itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga  harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang  apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan.

-Saidina Ali bin Abi Talib-

“Barangsiapa  yang melakukan amal shaleh dari kalangan laki-laki dan perempuan dan  dia dalam keadaan beriman maka Kami akan memberikan kehidupan yang baik  dan membalas mereka dengan ganjaran pahala yang lebih baik dikarenakan  apa yang telah dilakukan”

Dan  sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al Quran) kepada  mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami  menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS:7:52)’

“Barangsiapa  yang sabar (disakiti orang) dan suka memaafkan, yang demikian itu  benar-benar perbuatan yang dituntut oleh agama”(Asy-Syuraa 43)”

“Belum sempurna iman seseorang sampai hawa nafsunya mengikuti apa yang ku bawa:(HR. Imam Nawawi)

“”  Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:  ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi? ” Al-Ankabut  [29:2]“

ya  Allah, aku meminta perlindungan-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat,  hati yang tidak khusu’, jiwa yang tidak pernah merasa puas dan do’a yang  tidak dikabulkan. (HR. Muslim 4/2088)”

Sabda Rasulullah :

“  Hendaklah kalian berpegang teguh terhadap sunnahku dan sunnahnya  Khulafaurrasyidin yang mendapatkan petunjuk, gigitlah (genggamlah dengan  kuat) dengan geraham. Hendaklah kalian menghindari perkara yang  diada-adakan, karena semua perkara bid’ah adalah sesat “ (Riwayat Abu  Daud dan Tirmidzi” hasan shahih”)

Sabda Rasulullah :

“ Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya”. (Hadits Hasan riwayat Tirmidzi)

“”Barang  siapa ingin mendapatkan manisnya iman, maka hendaklah ia mencintai  orang lain karena Allah.” (HR Hakim dari Abu Hurairah).”

Rasanya  kita semua pernah jatuh cinta. Dan cinta pertama selalu terhatur pd  seseorg yg selalu ada disamping kita, tempat curahan suka & duka.  Ketika kita lapar dgn tangannya ia menyuapkan makanan, diberikannya air  susu dgn tulus saat kita haus. Hingga diajarkannya berakhlak MULIA.  IBUNDA bukan hanya madrasah pertama bagi anak2nya, tapi IBUNDA adalah cinta pertama kita. Adakah yg lebih indah dari cinta pertama ??

“Bergegaslah  kalian utk beramal, (karena akan datang) fitnah-fitnah ibarat  potongan-potongan malam. (Disebabkan fitnah tersebut) di pagi hari  seseorang dlm keadaan beriman dan sore harinya dalam keadaan kafir, di  sore hari dlm keadaan beriman dan keesokan harinya dalam keadaan kafir.  Dia menjual agamanya dengan sesuatu dari (gemerlapnya) dunia ini.” (HR. Muslim no. 118, dari shahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

“Sungguh  telah datang kepada kalian cahaya dari Allah dan kitab yang  menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang  mengikuti keridhaan-Nya ke jalan-jalan keselamatan dan Allah  mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya dengan seizin-Nya serta  menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al-Ma`idah: 15-16)

Rasulullah  Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda : الدنيا ملعونة وملعون ما فيها الا  ذ كر الله وما والاه و عالما ومتعلما “Dunia ini terlaknat dan dilaknat  apa-apa yang ada padanya, kecuali dzikir kepada Allah Subhanahu wa  Ta’ala, ketaatan kepadaNya, orang yang berilmu, dan orang yang belajar  ilmu”. (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah dari shahabat Abu Hurairah Radhiallahu anhu)

“Assalamu’alaykum.  “Allah Maha Mengetahui isi hati hambanya” “Ya Allah, Aku mengharap  Cinta-Mu dan Cinta hamba-hamba yang Mencintai-Mu dan Aku Mencintai amal  perbuatan yang dapat menghantarkan aku kpd Cinta-Mu”.(do’a Nabi Muhammad  SAW) Amienn….”

“Ukhuwah  itu bukan terletak pada pertemuan. Bukan pada manisnya ucapan di bibir.  Tetapi ingatan seseorang terhadap saudaranya di dalam do’anya.”(Imam Al  Ghozali)

‎”Amalan 2 hari, Penggugur dosa setahun sebelumnya..”

Hukum puasa Tasyu’a (pd 9 Muharam) & puasa ‘Asyura (pd 10 Muharam) adalah Sunnah Mu’akkad

Keutamaan puasa ‘Asyura:

1. Puasa yg dianjurkan stlh puasa Ramadhan

2. Dapat menghapus dosa setahun sebelumnya,

…”Rasulullah SAW ditanya ttg puasa ‘Asyura,beliau mjawab,’dpt mnghapus dosa setahun sblumnya'”(HR. Muslim)

“Sesungguhnya  pejuang mukmin tidak akan pernah merugi. Setiap peluh menjadi mutiara,  air mata menjadi cahaya, lelah adalah penebus dosa, gugur bernilai  surga. Cukuplah Allah sebaik-baik pelindung”

Satu hal yang melemahkan potensi hidup kita adalah menjadikan -sesuatu

yang sudah pasti kita dapatkan- sebagai tujuan hidup. kita terlalu fokus

mencari jodoh, rezeki. padahal hal itu sudah pasti kita dapatkan

(takdir).tapi kita lalai mencari cara mencintai Allah, sedangkan hal ini belum tentu kita dapatkan.Dept. …KPSDM

Di  tengah banyak hal yang tak bisa diharapkan kepastiannya, janji Allah  itu pasti…Ebuah hadits riwayat Bukhari berkisah bahwa seseorang yang  keislamannya semakin baik setiap harinya, maka pahalanya akan  dilipatgandakan dibandingkan hari-hari sebelumnya..Syaratnya  satu..meninggalkan yang tidak  bermanfaat..Hingga kualitas  amalnya selalu meningkat & kuantitas ibadahnya kian berlipat..  Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang-orang yang mendapat  keutamaanNya

Beruntunglah

orang-orang yang memperbarui terus semangatnya dalam setiap pergantian waktu,

menjaga niatnya tetap dalam kebaikan, dan menemukan Allah dalam setiap

langkahnya…Semoga kita termasuk di dalamnya. Amiin Allahumma Amiin

******

 
1 Comment

Posted by on June 8, 2011 in Bimbingan Rohani

 

Tags: , ,

One response to “BIMBINGAN ROHANI

  1. ade susanto

    July 12, 2011 at 4:00 pm

    Ternyata Mariana Diah Susilawaty tu bukan hanya penulis cerita cinta/ kisah lainn2 diapun bisa menulis BIMBINGAN ROHANI, treima kasih semoga bermanfaat bagi aku dan pembaca lainnya. Amin.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: